Kisah Sukses “Thomas Alfa Edison”

seri : Kisah Sukses

DARI MURID BODOH DIKELAS SUKSES MENJADI PENEMU TERBESAR DUNIA

Seorang anak SD yang hanya mengecap pendidikan formal selama 3 bulan karena dianggap bodoh dandiusir dari sekolah oleh gurunya. Ibunya yang notabene seorang guru, akhirnya memutuskan untuk mengajarinya sendiri di rumah. Di rumahnya, dengan leluasa Edison belajar dan membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mulai mengadakan berbagai percobaan ilmiah sendiri. Seorang ilmuwan terkemuka yang berhasil menemukan 1.093 paten atas namanya sendiri, yang menerima paten di seluruh dunia yakni antara lain : Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dan Jerman. Membuat orang berdecak kagum pada dirinya yang berhasil menciptakan rekor dunia yang sangat fenomenal. Siapa lagi kalau bukan Thomas Alfa Edison.

Edison dilahirkan di Milan, Ohio 11 Februari 1847 dan dibesarkan di PortHuron, Michigan. Edison menghabiskan waktu di masa mudanya menjual makanan ringan dan permen di dalam kereta api yang beroprasi antara kota Port Huron dan Detroit. Dia juga bekerja sebagai penyembelih babi dan mulai bisnis menjual sayuran pada usianya yang ke 12 tahun.

Penemuan-penemuannya dimulai dari tahun 1870 dengan berhasil menciptakan stock ticker (pencatat harga saham dan emas) yang dijualnya seharga 40.000 dolar. Dari uangnya tersebut, ia pindah ke Newark, New Jersey dan membangun perusahaan stock ticker. Perusahaannya terus berkembang pesat seiring dengan penemuan-penemuannya di kala itu, seperti pena listrik, dan mimeograph, yang keduanya merupakan alat penting pada suatu perusahaan. Pada usianya yang ke 24 tahun, ia menikah dengan Marry Stiwell. Edison tidak pandai mengelola uang, dan istrinya juga terlalu boros, sehingga pada tahun 1875 edison tercepit masalah keuangan. Tahun 1876 Edison pindah ke Menlo Park, dan di sinilah ia mencapai puncak kreativitasnya, dengan keberhasilannya menemukan alat relay yang bekerja berdasarkan tekanan (bukan magnet yang umum saat itu), yang digunakan untuk memvariasi dan menyeimbangkan arus listrik. Di akhir tahun 1877, Edison berhasil menciptakan transmitter dengan tombol karbon yang sampai saat ini masih dipakai pada speaker atau mikrofon telepon, dan pada bulan Desember tahun 1877 dia berhasil menemukan alat yang cukup menghebohkan, yaitu mesin pengubah sinyal suara ke dalam bentuk tulisan morse yang diberi nama fonograf.

Thomas Alfa Edison mulai mencetuskan ide tentang pembuatan lampu pijar, Ia menyadari betapa pentingnya cahaya seperti itu bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, ia mencurahkan segala pikiran dan tenaganya untuk percobaan tersebut. Ia menghabiskan uang 40.000 dolar dalam waktu 2 tahun dan 6000 bahan yang telah diuji. Ia menggabungkan 3000 teori yang telah ada dan meringkasnya menjadi 2 teori saja. Akhirnya, setelah menemui kegagalan sebanyak 8889 kali, pada tanggal 21 Oktober 1879, lahirlah lampu pijar listrik pertama yang mampu menyala selama 40 jam. Tahun 1882, Edison memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan, dan rumah-rumah sejauh 1 km di kota new york. Hal ini pertama kalinya didunia lampu listrik dipakai di jalan-jalan. Adapun beberapa penemuannya yang jarang disebutkan : telegraf cetak, pulpen elektrik, proses penambangan elektrik, torpedo listrik, karet sintetis, batrai alkaline, pengadik semen, mikrofon, transmitter telepon karbon, dan proyektor gambar bergerak. Selain itu, Edison juga berjasa dalam bidang perfilman. Ia menggabungkan film fotografi yang telah dikembangkan oleh George Eastman menjadi industri film yang bernilai jutaan dolar seperti saat ini.

Demikian Kisah Sukses Thomas Alfa Edison. Semoga Bermanfaat.

Saya akan terus berbagi cerita sukses, artikel sukses, motivasi sukses, inspirasi sukses, kata bijak dalam setiap postingan saya.

*********selesai

This entry was posted in Kisah Sukses. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post. Post a comment or leave a trackback.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Your email address will never be published.

Free Web Hosting